penanganan terjadi demam berdarah atau covid-19

Jika Anda mengalami beberapa gejala demam berdarah atau COVID-19 di atas, hal pertama yang kudu Anda laksanakan adalah konsultasi ke dokter. Untuk mengurangi risiko penularan virus, konsultasi sanggup Anda laksanakan secara daring manfaatkan aplikasi fasilitas kesehatan.

demam berdarah

Dokter dapat berikan sadar tindakan apa saja yang kudu Anda laksanakan untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Selain itu, laksanakan langkah-langkah tersebut untuk meringankan gejala yang Anda alami:

  • Konsumsi paracetamol untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Minum air setidaknya 8 gelas tiap tiap hari supaya jumlah cairan tubuh selamanya terjaga.
  • Pastikan untuk beristirahat yang cukup.
  • Minum obat batuk, kalau batuk.

Demam, baik yang disebabkan oleh demam berdarah maupun COVID-19, sanggup menyebabkan tubuh kehilangan cairan hingga dehidrasi. Oleh sebab itu, Anda direkomendasikan untuk konsumsi banyak cairan, baik berbentuk air putih atau kaldu sup.

Anda juga sanggup konsumsi buah segar, jus buah, atau jus buah kemasan. Selain menghidrasi tubuh, buah-buahan juga punya kandungan banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh, lebih-lebih selagi sakit

Salah satu buah yang sanggup Anda konsumsi adalah jambu biji. Selain bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, jambu biji juga kaya dapat kadar vitamin C yang bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh sekaligus melawan virus atau bakteri penyebab infeksi.

Agar lebih praktis dan mudah dikonsumsi, Anda sanggup konsumsi jambu biji dalam bentuk jus, baik yang dibikin sendiri maupun jus kemasan. Pastikan memilih jus yang terbuat dari buah asli, tanpa pemanis, pengawet, dan pewarna sintetis.

Sebagai pencegahan, Anda sanggup mendapatkan vaksin dengue atau vaksin COVID-19 untuk mengurangi risiko terkena demam berdarah atau COVID-19.

Mengoleskan obat nyamuk ke kulit, manfaatkan busana atau celana panjang, dan memberantas sarang nyamuk juga kudu ditunaikan untuk menghindar demam berdarah. Sedangkan untuk menghindar COVID-19, Anda kudu menerapkan protokol kesegaran bersama memelihara jarak bersama orang lain, kenakan masker, dan rajin mencuci tangan manfaatkan air dan sabun atau hand sanitizer.