langkah mengurus perizinan impor

Dua izin spesifik yang dimaksud adalah API-U dan API-P. Perbedaan keduanya jadi mengerti sehabis perubahan berarti berasal dari 1 Januari 2016 di bawah Peraturan 70/2015 yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan. Perusahaan-perusahaan di Indonesia dilarang punya dua type izin pada saat bersamaan. yang memiliki apa arti importir  yang tentunya harus anda ketahui didalam perdagangan

blueraycargo.id

API-U (Angka Pengenal Importir Umum)

API-U mengizinkan perusahaan dagang untuk mengimpor barang berasal dari perdangangan lazim dan komersial di Indonesia. Ingatlah bahwa di bawah Peraturan 70/2015, pemilik API-U sanggup mengimpor produk di bawah lebih berasal dari satu grup bersama dengan kode HS. Sebelumnya, hanya satu grup item spesifik yang diizinkan untuk impor oleh pemilik API-U.

API-P (Angka Pengenal Importir Produsen)

Berbeda berasal dari API-U, API-P adalah izin yang digunakan untuk mengimpor item untuk faedah khusus atau internal perusahaan. Barang-barang yang diimpor bersama dengan API-P termasuk bahan mentah, barang modal atau item pendukung yang sanggup sesudah itu diproses lebih lanjut untuk membuahkan barang lain, atau sekadar mendukung aktivitas operasional dan produksi.

Importir bersama dengan API-P wajib mengikuti bahwa item yang diimpor tidak diizinkan untuk ditransfer atau dijual secara langsung kepada pihak ketiga.

Cara Mengurus Izin Impor – Persyaratan sebelum akan OSS

Sebelumnya, selain regulator impor seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Kementerian Pertanian, investor atau importir termasuk wajib melalui proses yang panjangnya hingga 5 bulan.

Selain itu, type barang yang diimpor termasuk merumitkan proses aplikasi izin impor. Kami beritahu Anda bagaimana proses sebelumnya:

Inkorporasi PT PMA atau PT di Indonesia (1,5 bulan)

Bagi pelamar API-U, Anda wajib beroleh izin bisnis selalu (2 minggu)

Mendapatkan izin impor (1 minggu)

Mendapatkan Nomor Induk Kepabeanan (1 bulan)

Jika Anda mengimpor item berasal dari kategori makanan atau barang anak-anak, Anda wajib beroleh petunjuk berasal dari Kementerian Pertanian (1 bulan)

Tergantung grup atau kategori item Anda, Anda dapat membutuhkan persetujuan berasal dari otoritas terkait lain Misalnya untuk produk makanan, Anda wajib persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (3 minggu) Persetujuan berasal dari Kementerian Perdagangan Indonesia